Mencoba Alchemy Stars – Seperti Meniru Kekuatan Arknights


Sebagai penikmat video game yang kebanyakan fokus pada game single player melalui konsol dan PC, game mobile adalah pasar yang sering saya abaikan karena model bisnisnya bisa dikatakan serakah. Ya, mereka yang memiliki gacha, serta transaksi mikro yang sering menghasilkan pay-to-win.

Satu-satunya game seluler yang berhasil mencuri hati saya adalah Arknights dan Hypergryph dari Studio Montagne yang dirilis pada tahun 2020. Sebagian besar berkat serangkaian game yang hampir sepenuhnya bergantung pada kecerdasan para pemain, serta transaksi mikro yang tidak benar-benar berbayar menang dan benar-benar dapat dihindari.

Kamu bisa cek di halaman ini untuk mencari tahu kenapa Arknights layak dianggap sebagai salah satu mutiara di tengah tumpukan sampah di game mobile masa kini. Lihat juga permainan seru di Slot Pragmatic.

Nah di tahun 2021 ini saya kembali menemukan game mobile yang lagi-lagi mengharuskan pemainnya memiliki otak yang besar daripada hanya menggunakan hero-hero langka. Game tersebut berjudul Alchemy Stars besutan developer Tourdog Studio.

Selama beberapa hari memainkannya, satu hal yang bisa disimpulkan dengan cepat adalah game yang berdiri di bawah naungan Tencent ini mencoba mengikuti keunggulan Arknights, yah, setidaknya di beberapa hal yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Tanpa basa-basi lagi, inilah kesan pertama saya tentang penawaran game yang saya coba tawarkan di Alchemy Stars.

Lakukan gameplay gaya teka-teki Match-three

Match-three atau tile-matching tentu saja merupakan mekanisme permainan yang lebih sering digunakan dalam permainan kasual, terutama teka-teki. Namun aplikasinya sendiri kini juga diterapkan pada game RPG sejak beberapa tahun terakhir. Alchemy Stars bisa dibilang cukup inovatif dalam memanfaatkan mekanisme ini.

Setiap stage akan menghadirkan semacam tile board atau ubin dengan empat warna yang tersebar secara acak. Warna mewakili empat elemen: Api (Merah), Air (Biru), Alam (Hijau), Guntur (Kuning) yang memiliki kesinambungan dengan kemampuan para Aurorian, gelar untuk para pahlawan yang akan Anda gunakan untuk bertempur di Alchemy Stars.

Permainan itu sendiri bisa dikatakan mudah dipelajari, sulit dikuasai. Seperti yang Anda harapkan dari game match-three, pemain hanya bisa bergerak dalam barisan dengan warna yang sama dalam satu giliran. Bedanya, ada tiga jenis serangan yang bisa dilancarkan oleh masing-masing Aurorian.

Yang pertama adalah serangan normal yang secara otomatis dikeluarkan jika musuh Anda berada di sebelah jalur ubin yang diambil. Yang kedua adalah serangan berantai yang akan diluncurkan di ujung jalur ubin, yang semakin kuat tergantung pada jumlah ubin yang diambil. Ketiga adalah skill yang bergantung pada masing-masing Aurorian.

Apalagi jika kamu ingin melibas semua level yang ada dengan bintang tiga atau kondisi perfect, yang biasanya mengharuskan kamu memiliki HP di atas 50% dengan sisa 6 turn saat menyelesaikannya. Mendapatkan tiga bintang tentunya akan memberikan kamu reward maksimal berupa Lumamber yang bisa kamu gunakan untuk menarik gacha.

Bintang Alkimia dapat dikatakan setidaknya 70% otak besar dan 30% keberuntungan. 70% tentu saja bagaimana Anda menangani level, 20% keberuntungan dari berbagai ubin yang muncul sepanjang pertempuran, dan 10% keberuntungan sisanya adalah seberapa baik Anda dalam menarik gacha ‘wangy’.

Sayangnya, satu hal yang tidak berhasil jika memang benar Alchemy Stars ingin meniru keunggulan Arknights adalah kemampuan karakter non-langka atau bintang rendah yang tidak bersinar.

Di Arknights terdapat mekanisme deployment point (DP) dimana operator bintang rendah memiliki biaya rendah, biasanya untuk menahan gelombang pertama sebelum menurunkan karakter langka dengan biaya lebih tinggi. Di Alchemy Stars, sayangnya, tidak ada mekanisme seperti DP, sehingga Aurorion bintang tinggi cenderung lebih berguna dalam menghabisi musuh lebih cepat.

Hal lain yang bagi saya kurang memuaskan dan membanggakan adalah kurangnya tantangan yang berarti. Arknights telah berulang kali menghadirkan level yang berhasil membuat kepala saya panas dan pusing, tetapi memberikan kepuasan yang tak ternilai saat menyelesaikannya.

Sekitar seminggu atau lebih bermain Alchemy Stars, saya hampir tidak pernah menemukan level yang membuat saya berpikir keras tentang cara menyelesaikannya. Saya tidak tahu apakah itu karena saya hoki karena saya memiliki Aurorion yang tier S atau belum mencapai level yang sulit.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.